Partonggoan Pangapohon Kuria Bani Keluarga Ny St RK Purba Boru Sitepu

Partonggoan Pangapohon Kuria GKPS Jambi dan Majelis GKPS Tanah Kanaan Jambi kepada besar yang ditinggal (Tinadingni) St RK Purba (Sayurmatua) yakni keluarga Ny St RK Purba Boru Setepu, Kel Petrus Purba/ Br Haloho, Kel St Awal JD Damanik/Br Purba, Kel Pontas Sitanggang/ Br Purba di Rumah Keluarga Petrus Purba/ Br Haloho, Karya Telanaipura Kota Jambi, Senin 22 Juli 2019 malam. Foto Asenk Lee Saragih
Jambi-Partonggoan Pangapohon Kuria GKPS Jambi dan Majelis GKPS Tanah Kanaan Jambi kepada besar yang ditinggal (Tinadingni) St RK Purba (Sayurmatua) yakni keluarga Ny St RK Purba Boru Setepu, Kel Petrus Purba/ Br Haloho, Kel St Awal JD Damanik/Br Purba, Kel Pontas Sitanggang/ Br Purba di Rumah Keluarga Petrus Purba/ Br Haloho, Karya Telanaipura Kota Jambi, Senin 22 Juli 2019 malam. 

Yang melayani adalah Kotbah Pdt Jhon Muliaman Sipayung STh, Votum Agenda St M Br Silalahi SPd, Doding St Drs GM Saragih MSi, Doa Syafaat St JP Sidauruk (Porhanger GKPS Tanah Kanaan Jambi).

Hadir pada Partonggoan Pangapohon ini Jemaat GKPS Jambi (Bapa 29 orang, Inang 28 orang, Naposo 12 orang) dan Jemaat GKPS Tanah Kanaan Jambi (Bapa 6 orang, Inang 3 orang). 

Ibadah diawali Votum dan Doding dan dilanjutkan dengan pembacaan Riwayat Singkat St RK Purba Pakpak oleh St Awal JD Damanik SE MM. Kemudian kat-kata penghiburan dari Pengurus Seksi Tingkat Jemaat GKPS Jambi.


Baca: Riwayat Pangidangion St RK Purba 
Baca: Prosesi Pemakaman St RK Purba di Hinalang

Pengurus Seksi Sekolah Minggu oleh Ria Murni Br Saragih, Seksi Pemuda Aris Saragih, Seksi Wanita St NE Br Sumbayak, Seksi Bapa St Ir VM Purba. Kata penghiburan dari pengurus Sektor Tesalonika, Efesus, Korintus, Filipi diwakili oleh Ketua Sektor Filipi Sy Andi M Garingging dan Sekretaris Sektor Korintus Sy H Saragih. Kata penghiburan juga disampaikan oleh Pengurus BDS GKPS Jambi diwakili oleh St JH Karokaro. Mewakili Jemaat GKPS Jambi kata penghiburan oleh S Purba/ Br Siahaan.

Selanjutnya kata penghiburan dari Majelis GKPS Tanah Kanaan diwakili oleh St JM Purba (Wakil Porhanger). Juga kata penghiburan dari Majelis GKPS Jambi St ML Br Sidauruk, St R Damanik, St S Purba Pakpak, St J Sitopu dan terakhir St Radesman Saragih S Sos (Porhanger GKPS Jambi).

Inti dari kata-kata penghiburan bahwa kebaikan dari sosok St RK Purba Pakpak (Alm) sebagai Tauladan yang perbuatannya sesuai dengan perkataan. Dan juga sebagai Sosok “Bapak Pembangunan dan Misionaris” di Jambi. Seluruh mengenang Kebaikan yang luar biasa sosok St RK Purba semasa hidupnya. 

Ibadah dilanjutkan dengan “Hata Mangampu” dari Keluarga Besar Ny St RK Purba disampaikan oleh Maria Magdalena Br Purba, St Awal JD Damanik, Petrus Purba dan terakhir oleh Ny St RK Purba Boru Sitepu. 

Pihak keluarga mengucapkan Terimakasih kepada seluruh Jemaat, Majelis, Fulltimer GKPS Se Resort Jambi yang mendukung dalam Doa selama perobatan St RK Purba selama 1 tahun 6 bulan lamanya. 

Secara khusus Ny St RK Purba Boru Sitepu juga meminta maaf atas lamanya pulang ke Jambi dari Medan karena ada halangan penting. Sehingga Partonggoan Pangapohon bisa dilaksanakan Senin 22 Juli 2019 malam sejak meninggal St RK Purba pada Senin 17 Juni 2019 Pukul 18.20 WIB di RS Siloam Jambi, Pesta Adat Sayurmatua Rabu 19 Juni 2019 di Jambi dan Diagendai di GKPS Hinalang serta  dimakamkan di Hinalang, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Kamis 20 Juni 2019 lalu.

Sementara Pdt Jhon Muliaman Sipayung STh dalam renungan Kotbahnya mengisahkan “Kisah di Balik Lagu “It is Well With My Soul” yang diciptakan oleh Horatio G. Spafford. Horatio lahir pada 20 Oktober 1828 di Lansungburgh, New York. Dia adalah seorang pengacara sekaligus pengusaha sukses di Chicago. Horatio mempunyai seorang istri, Anna Spafford, dan 5 orang anak (1 orang laki-laki dan 4 orang perempuan). Namun pergumulan hidup yang dihadapi Horatio dan istrinya Anna Spafford sungguh luar biasa namun tetap teguh dalam Iman. 


Usai ibadah Partonggoan Pangapohon, dilanjutkan dengan santap malam bersama yang telah disediakan dengan Sukacita oleh Keluarga Besar Ny St RK Purba Boru Sitepu. (Asenk Lee Saragih)

 








Post a Comment

Lebih baru Lebih lama