Sukses Pesta Perak 25 Tahun GKPS Jambi

Jambi-Perayaan Pesta Perak 25 Tahun Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) yang dilaksanakan, Minggu (23/3/2008), sukses dan bersahaja. Pesta perak tersebut bertepatan dengan Paskah (peringatan kebangkitan Yesus Kristus). Acara tersebut juga dihadiri langsung oleh Ephorus GKPS Pdt Belman Purba Dasuha beserta inang.



(Ephorus GKPS beserta inang saat diulosi). Ft Asenk Lee

Pengamatan penulis menunjukkan, pesta tersebut dimulai dengan kebaktian minggu. Kotbah dibawakan langsung oleh Ephorus GKPS. Sekitar 400 umat GKPS Jambi dan simpatisan hadir dalam kebaktian tersebut.

Pada kebaktian, juga dilaksanakan pemberkatan (Pamasumasuan) empat penatua (Sintua). Mereka adalah St DJ Girsang, St Drs JT Damanik, St S br Damanik dan St R E br Girsang.


(Teks Foto : Pemberian Sertifikat (Surat Berharga) GKPS Jambi dari St RK Purba ke St Drs GM Saragih MSi (kanan). Foto Asenk Lee Saragih).
Ephorus GKPS dalam kotbahnya mengatakan, Sintua yang telah diberkati haruslah menjadi Sintua yang dapat diteladani dalam kehidupan. Prilaku hidup dan perbuatan harus selalu menjaga nama baik Tuhan.

“Sintua yang diberkati harus Sintua yang dapat diteladani oleh jemaatnya. Sintua jangan lagi menjadi pembawa amarah atu dona bagi orang lain. Sintua yang diberkati harus menjalankan hidup sesuai dengan firman Tuhan,”katanya.

Dalam kebaktian tersebut, Ketua Majelis GKPS Jambi St Drs GM saragih Msi membacakan riwayat singkat berdirinya GKPS Jambi 25 tahun silam atau tepatnya 18 Maret 1983.

Kebaktian juga diisi dengan lagu pujian vokal group Seksi Wanita Sektor Efesus, Pemuda GKPS Jambi dan koor seksi Wanita GKPS Jambi. Bertindak pembawa Agenda Pdt Jhon Ricky Raymon Purba Sth, Nyanyian Pdt ED Sinaga Sth, Doa Syafaat Vikar Pdt Maruli Tua Sinaga Ssi, Organis Friston R Sinaga Spd, Songliders Junite Munthe, Rose Sitopu, Henny Purba, Kristis Damanik, Wira Sitopu.

Usai kebaktian minggu, varia HUT 25 Tahun GKPS Jambi dilaksanakan di lapangan GKPS Jambi. Acara diwarnai dengan pemotongan ku ulang tahun oleh Pimpinan Majelis GKPS Jambi.

Kemudian pemberian sertifikat dan surat-surat berharga GKPS Jambi dari St RK Purba (Mantan Porhanger) dan St A Purba (Wakil Porhanger) kepada St Drs GM Saragih Msi Porhanger GKPS Jambi sekarang.

Selanjutnya pemberian Ulos kepada Ephorus GKPS beserta inang dari Pimpinan Mejelis GKPS Jambi. Varia HUT 25 Tahun GKPS Jambi juga diselingi dengan pemberian ulos pamonting kepada yang telah ditentukan.

St RK Purba dalam sambutannya mengatakan, warga GKPS harus menjaga harga diri dalam perilaku sehari-hari. Warga GKPS dan warga Simalungun di Jambi kini sudah merdeka dalam menjalani kehidupan dan beribadah. Warga GKPS harus setia melanyani Tuhan.

Pada kesempatan yang sama Efron Purba (Anggota DPRD Kota Jambi dari PDS) mengatakan, GKPS kini sudah terhindar dari perizinan. Pasalnya GKPS Jambi telah memiliki izin membangun gereja serta izin beribadah yang diusahakan pendahulu GKPS .

“Warga GKPS Jambi patut bersyukur atas sertifikat izin membangun gereja serta izin beribadah. Kini warga Kristen sulit untuk membangun tempat beribadah. Oleh karena itu umat Kristen harus bersatu padu dan tetap berdoa,”katanya.

Sementara itu, Ephorus GKPS mengatakan, umat Krisnten tidak perlu takut atas sulitnya memperoleh lahan untuk membangun gereja. “Umat Kristen selalu terjepit dan akhirnya tetap berkembang. Kita tidak perlu kwatir, kita tepat dalam lindungan Tuhan Yesus Kristus. Dalam waktu dekat GKPS akan membahas SK dua menteri di P Siantar,”katanya.

Pesta Perak 25 tahun GKPS Jambi dihibur oleh Group musik Toba Nauli serta Trio Gama asuhan Bona Purba (warga GKPS Jambi). Trio Gama mampu melantunkan tembang-tembang Simalungun yang tidak asing lagi ditelingan warga GKPS Jambi. Bahkan lagu Dek Cipt Jhon Eliaman dilelang hingga Rp 3 juta. Varia pesta berjalan lancar dibawah komado Protokol Sy S Purba Pakpak.

Pesta yang berlangsung sukses dan meriah itu, mampu mengumpulkan dana sekitar Rp 9,301 juta. Rencana dana tersebut untuk pembuatan komblok lapangan gereja GKPS Jambi dan keperluan pelayanan lainnya. Selamat kepada panitia atas suksesnya acara tersebut. Asenk Lee saragih.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama