Lomba Berkotbah Seksi Wanita GKPS Jambi



Dalam Rangka Pesta Wanita GKPS 2015


JAMBI-Dalam rangka Pesta Minggu Wanita GKPS Maret 2015, Seksi Wanita GKPS Jemaat Jambi mengadakan lomba marambilan (berkotbah) antara anggota Seksi Wanita GKPS Jambi. Pelaksanaan lomba itu dilaksanakan di GKPS Jambi, Jumat 6 Maret 2015 sore. Nats Kotbah untuk lomba diambil dari Injil 2 Musa 20: 1-17 yang juga sebagai Nats Kotbah Pesta Minggu Wanita GKPS, Minggu 8 Maret 2015. Tema Kotbah “Mangkaholongi Tuhan ampa Marsijoloman bani Parentah-Ni”.

Lomba “Marambilan” ini diikuti 8 peserta se Jemaat GKPS Jambi. Juri pada lomba ini yakni Pendeta GKPS Resort Jambi Pdt JP Tamsar STh dan Pdt Kurnia Br Girsang STh.

Penampilan ke 8 peserta mendapat apresiasi dari Pdt JP Tamsar STh dan Pdt Kurnia Br Girsang STh karena mereka mampu tampil dengan percaya diri dan mampu mengkotbahkan Firman dengan tenang.

Pdt Kurnia Br Girsang STh memberikan evaluasi lomba marambila yang Natsya dari Injil 2 Musa 20: 1-17 tersebut. Poin pertama yakni kotbah harus ada pendahuluan yang terjadi dengan konteks sekarang, situasi Bangsa Israel sat itu dan dibandingkan umat Kristen masa kini, latar belakang pemberian Firman, hukum Taurat berhubungan satu dengan yang lain jadi tidak terpisahkan. Baru dikaitkan dengan peranan kehidupan Wanita GKPS saat ini dan aplikasinya kepada kehidupan sekarang atas Firman itu.

Pdt JP Tamsar STh juga memberikan evaluasi cara penyampaian kotbah termasuk soal waktu lomba. Kemudian komunikasi pengkotbah dengan jemaat lewat mimic wajak, gerak tubuh serta intonasi suara juga perlu diperhatikan. Kemudian pengambilan inti dari Firman Tuhan yang dikotbahkan harus singkat, padat dan terarah dengan kehidupab saat ini.

Berdasarkan penilaian oleh Pdt JP Tamsar STh dan Pdt Kurnia Br Girsang STh, tampil sebagai Juara I Mama Ando Ny Purba br Sitopu (Nilai 502), Juara II Ny F Lingga (mama Efel) dengan nilai 431, Juara III Ny Siregar br Purba (nilai 408), Juara IV Ny Purba br Munthe (Mama Rian), nilai 407, Juara V Lena Sinaga, Juara VI Ny Saragih Boru Purba (mama Valen), Juara VII Ny JH Karokaro Ria Murni Boru Saragih (mama Keke), Juara VII Ny Purba/br Saragih Djawak. (Asenk Lee Saragih)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama