Budaya Adat Simalungun Itu Menggeliat Hingga Ke Tanah Raja Paduka Berhalo

Seorang peserta lomba (Lamhot Saragih) saat membedah ayam pada lomba buat masakan khas Budaya Adat Simalungun (Dayok Binatur) Sabtu (12/9/2009). Kegiatan ini dalam rangka Porseni Pesta Olob-olob GKPS 106 tahun Injil di Simalungun (2 Sept 1903-2 sept 2009). Foto Asenk Lee saragih.


Jambi-Budaya serta adapt istiadat tak selamanya abadi di tanah kelahiran adapt budaya tersebut. Namun adat buadaya ibu bapak, bias juga menggeliat dan menyatu dalam diri pribadi hingga ke tanah perantauan.

Hal ini yang terjadi pada Budaya Adat Simalungun yang menggeliat hingga ke Tanah Raja Paduka Berhalo (Kota Jambi). Satu lembaga agama yang konsisten mengabadikan hal ini adalah Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS).Melalui Pesta Olob-olob Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) 106 tahun Injil di Tanah Simalungun (2 September 1903-2 September 2009) tingkat Resort Jambi, GKPS membawa hasanah Budaya Adat Simalungun hingga ke Tanah Pilih Pesako Betuah (Kota Jambi).

Budaya Simalungun juga diangkat serta diabadikan kepada generasi muda Simalungun pada Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi. Hasanah Budaya Adat Simalungun yang ditampilkan yakni lomba memasak masakah khas Adat Simalungun “Dayok Binatur” (ayam panggang).

Kemudian peragaan busana Adat Simalungun dan Tarian Tot-Tor Sombah Simalungun bagi generasi muda. Ketiga kegiatan itu dilaksanakan di GKPS Jambi, Sabtu (12/9). Kegiatan ini mendapat sambutan meriah dari peserta warga GKPS Jemaat Jambi.

Menilai : Tim Juri yang terdiri dari Sy S Purba Pakpak, St R Saragih Ssos dan St M Saragih SH saat menilai “Dayok Binatur” yang telah selasai dibuat peserta di GKPS Jambi, Sabtu (12/9). Tampil sebagai Juara I Sektor Epesus pada Porseni Pesta Olob-olob GKPS 106 tahun Injil di Simalungun (2 Sept 1903-2 sept 2009). Foto Asenk Lee Saragih.

Praeses GKPS Distrik VI Pekanbaru, Pdt Hot Imanson Sinaga STh mengatakan, kegiatan yang diangkat GKPS Jambi merupakan langkah nyata untuk mengabadikan Budaya Adat Simalungun hingga ke tanah perantaun.

Disebutkan, GKPS merupakan lembaga keagamaan yang dapat mengabadikan Budaya Adat Simalungun hingga pada generasi muda. GKPS juga sebagai tonggak untuk tetap mengabadikan Budaya Adat Simalungun.

“Hal ini juga yang dilakukan Panitia Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi, dalam mensyukuri 106 tahun Injil di Tanah Simalungun. Rasa syukur itu juga diwujudnyatakan dengan berbagai kegiatan Porseni. Pesta Olob-olob GKPS bukan hanya seremonial belaka, namun lebih kepada pertebalan Iman,”katanya.


Melenggok : Sepasang muda mudi Simalungun (Sektor Epesus Juara I) tengah melenggok dalam peragaan Busana Adat Simalungun Sabtu (12/9) pada Porseni Pesta Olob-olob GKPS 106 tahun Injil di Simalungun (2 Sept 1903-2 sept 2009). Foto Asenk Lee Saragih.

Pdt Hot Imanson Sinaga STh pada kotbah pada puncak Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi, Minggu (13/9) mengajak Jemaat GKPS untuk menjadikan Tuhan Allah sebagai penolong dalam hidupnya. Dirinya juga mengajak agar Jemaat tidak bosan-bosan untuk berbuat baik kepada sesama.

Pada kegiatan Pesta Olob-olob GKPS Resort Jambi, juga menampilkan artis daerah Simalungun dari P Siantar yakni Fitri Ani Sinaga dan Kyborisnya Jon Sahma D Saragih.

Suasana pesta Olob-olob tampak meriah dengan suguhan tembang-tembang Simalungun. Warga jemaat beserta undangan larut dalam kegembiraan serta tergugah untuk memberikan sumbangan.

Tortor : Tiga gadis Simalungun (sector Korintus Juara I) tengah menari “Tortor Sombah Simalungun” pada Porseni Pesta Olob-olob GKPS 106 tahun Injil di Simalungun di GKPS Jambi, Sabtu (12/9). Foto Asenk Lee Saragih.

Pesta Olob-olob GKPS Jambi ini juga dihadiri Anggota DPRD Kota Jambi, Efron Purba (PDS) dan Paul Nainggolan (P Demokrat). Keduanya juga turut memberikan sumbangsih berupa sumbangan sukarela.

Pada pesta itu terkumpul dana kurang lebih Rp 31 juta dari hasil lelang barang, lagu serta Tor-tor marga-marga dan pengurus GKPS dari tingkat Jemaat hingga Resort Jambi.

Para juri pada kegiatan Porseni Pesta Olob-olob GKPS Tingkat Resort Jambi yakni, Dayok Binatur (St R Saragih S Sos, St M Saragih SH, Sy S Purba), Busana Adat Simalungun (St M Saragih SH, Ny St JT Damanik/br Saragih, Pdt JRR Purba STh) dan Juri Tortor Sombah Simalungun (Sy S Purba, St R br Purba, Ny St JT Damanik/br Saragih).

Pemenang

Pemenang Dayok Binatur yakni Sektor Epesus Juara I, Juara II Sektor Filippi dan Juara III Sektor Korintus. Pemenang Busana Simalungun Juara I Sektor Epesus, Juara II Korintus dan Filippi dan Juara III Sektor Tesalonika.

Sementara perlombaan Happy Haleluya Song berlangsung sangat meriah. Perlombaan ini menguji daya ingat dalam menyanyikan bait-bait Haleluya yang telah lebih dulu diberikan Panitia panduan nomor Haleluya yang mau dipertandingkan.

Tampil sebagai Juara I pada kegiatan Happy Haleluya Song Sektor Epesus, Juara II sector Korintus dan Juara III sector Filippi. Juri pada lomba ini Pdt JRR Purba STh dan Vik Pdt S Girsang STh.

Kemudian Sayembara Logo Tahun GKPS 2010 (Tahun Lingkungan) juga diadakan Panitia. Peserta pada lomba ini ada 10 orang dengan karya 12 logo. Tampil sebagai pemenang pertama atas nama Nevy br Sidauruk (Mahasiswi), Juara II J Sidauruk (Bapak) Sektor Filippi dan Juara III Rosenman Saragih sector Korintus. Juri pada lomba logi ini Pdt JRR Purba STh dan St Radesman Saragih SSos.

Sementara Sayembara Koor dan Vokal Group dilaksanakan dalam kebaktian Minggu. Juara I Koor sector Korintus, Juara II Sektor Epesus dan Juara III Sektor Filippi. Sedangkan juara Vokal Group Juara I Sektor Epesus, Juara II Sektor Korintus dan Juara III Sektor Epesus. Tampil sebagai juri yakni Pdt H I Sinaga STh, Pdt JRR Purba STh dan Vik S Girsang STh.

Kegiatan Porseni Olahraga telah dilaksanakan sejak awal Agustus hingga 30 Agustus 2009. Hasil dari kegiatan ini Juara I Volly sector Korintus , Juara II sector Epesus. Futsal Anak Sekolah Minggu Juara I Sektor Tesalonika, Juara II Sektor Epesus dan Juara II ASM Sektor Korintus.

Kemudian pada pertandingan catur, Juara I Sektor Epesus, Juara II Sektor Korintus. Pada Bulutangkis Juara I sector Tesalonika dan Juara II Sektor Pos PI Aur Duri. Juara I Tenis Meja Sektor Epesus dan Juara II Sektor Filippi.

Inti Pesta Olob2 GKPS Tingkat GKPS Resort Jambi 2009 ini juga sebagai tanda dalam merenungkan 106 Injil di Tanah Simalungun. Melalui Pesta Olob2 ini diharapkan lebih mendewasakan Iman percaya menjadi Pelayan dan bukan untuk dilayani, khususnya pada tahun Keluarga GKPS 2009 ini. Semoga. (Koordinator Porseni Pesta Olob2 GKPS Tingkat Resort Jambi, Rosenman Manihuruk alias Asenk Lee Saragih).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama