Home » » Pendeta Harus Jadi Motivator dan Penyemangat Jamaat

Pendeta Harus Jadi Motivator dan Penyemangat Jamaat

Written By GKPS JAMBI on Senin, 05 September 2016 | 22.41

Minggu 14 Agustus 2016, Vik Pdt Jensi Purba STh besama 16 Vikaris dan 2 Penginjil ditahbiskan jadi Pendeta dan Penginjil GKPS di GKPS Sibuntuon Resort Sibuntuon.

Minggu 28 Agustus 2016, Pdt Jensi Purba STh melakukan perpisahan dengan Jemaat GKPS Persiapan Tanah Kanaan Kota Jambi. 
 Selamat Melayani Pdt Jensi Purba STh

BeritaSimalungun.com, Jambi-Hari ini (Selasa 6 September 2016) Pdt Jensi Purba Pakpak STh meninggalkan wilayah pelayanan di Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Resort Jambi dan menuju wilayah pelayanan baru jadi Pendeta GKPS Resort Longkung Raya, Kabupaten Simalungun.(Baca Juga: Penempatan Pandita GKPS Ulang Etek Uhur Age Itempathon Ihuta-huta)

Pdt Jensi Purba STh mulai melayani di GKPS Resort Jambi sebagai Vikaris sejak Februari 2016. Vik Pdt Jensi Purba tiba di Jambi 3 Februari 2016 bertolak dari GKPS Tarutung. Dia bersama Pdt Riando Tondang STh (Pendeta GKPS Resort Jambi) dan Penginjil GKPS Resort Jambi Inang Denny br Damanik STh sebagai Fulltimer GKPS Resort Jambi.

Kemudian Minggu 14 Agustus 2016, Vik Pdt Jensi Purba STh besama 16 Vikaris dan 2 Penginjil ditahbiskan jadi Pendeta dan Penginjil GKPS di GKPS Sibuntuon Resort Sibuntuon. Ephorus GKPS Pdt Martin Rumanja Purba Msi dan Sekjen GKPS Pdt Dr Paul Ulrich Munthe hadir pada Pentahbisan itu.

Pdt Jensi Purba STh ditempatkan di GKPS Resort Longkung Raya. Selama melayani di GKPS Resort Jambi, Vik Pdt Jensi Purba STh sudah ditempah sebagai pelayan yang bermotivasi dan berkarakter melayanan dan sederhana.

Kemudian pada Minggu 28 Agustus 2016, Pdt Jensi Purba STh sudah melakukan perpisahan dengan Jemaat GKPS Persiapan Tanah Kanaan Kota Jambi. Kesan pesan dari Jemaat dan Majelis GKPS P Tanah Kanaan banyak terlontar sebagai suatu kesan dan penyemangat kepada Pdt Jensi Purba STh.

Selanjutnya pada Jumat 2 September 2016 malam, saat Sermon Majelis GKPS Jambi dilakukan acara sederhana perpisahan dengan Majelis GKPS Jambi. Malam itu sebagai kata-kata kesan dan pesan kepada Pdt Jensi Purba STh untuk menuju tempat pelayanan baru di GKPS Resort Longkung Raya.

Sementara Perpisahan Jemaat GKPS Jambi dengan Pdt Jensi Purba STh dilaksanakan usai ibadah Minggu 4 September 2016. Seluruh Pengurus Seksi Tingkat Jemaat dan Resort GKPS Jambi memberikan sambutan perpisahan tersebut.

Jadi Motivator

“Selamat kepada Pdt Jensi Purba yang telah ditahbiskan jadi Pendeta GKPS. Pelayanan di GKPS Resort Longkung Raya, yang diketahui memiliki 7 pagaran gereja dengan jumlah jemaat 1300 jiwa merupakan lokasi pelayanan yang akses jalan minim. Namun sebagai Pelayan dan militan, saya berharap Pdt Jensi Purba jangan patah semangat ditempat pelayanan yang baru. Jadilah sebagai motivator untuk jemaat di pedesaan,” ujar Sy Rosenman Manihuruk saat memberikan sambutan malam Sermon itu.

Sy Rosenman Manihuruk juga mengatakan, kalau Pendeta yang melayani di pedesaan harus bisa menjadi penyemangat bagi jemaat, khususnya bagi warga jemaat yang kesulitan ekonomi. Pendeta harus jadi motivator, baik dalam pelayanan maupun dalam memberikan semangat kepada jemaat untuk aktif ke beribadah.

“Saya berharap, Pdt Jensi Purba STh yang sudah melek teknologi komunikasi supaya bisa memberikan informasi soal tantangan pelayanan di tempat yang baru. Termasuk juga soal ketimpangan-ketimpangan pembangunan yang dirasakan warga setempat. Saya berharap juga agar Pdt Jensi Purba STh menjadi Pendeta GKPS yang berani dalam bersikap untuk merubah pelayanan GKPS ke hal yang lebih baik,” ujar Sy Rosenman M.

Sementara St JB Sitopu juga mengatakan selamat kepada Pdt Jensi Purba STh ditempatkan di GKPS Longkung Raya. Dia juga berharap agar Pdt Jensi Purba STh agar turut berpartisipasi dalam memberantas narkoba yang kini sudah merasuk ke perkampungan di pelosok Kabupaten Simalungun.

“Sekarang ini di Simalungun, peredaran narkoba sudah mengkwatirkan. Transaksi narkobga kini tak lagi di kota-kota, tapi sudah merasuk ke pedesaan dan merambah ke usia muda, termasuk pelajar. Saya berharap Pdt Jensi Purba STh atas nama GKPS ikut berpartisipasi dalam membentengi anak-anak agar terhindar dari narkoba. GKPS juga harus membuat kebijakan bahwa narkoba adalah musuh bersama,” ujar St JB Sitopu.

Pada waktu yang sama, Sy Sudiaman Purba mengatakan, selama pelayanan di GKPS Resort Jambi, Pdt Jensi Purba STh melayani dengan baik. 

“Vikar yang ditempatkan di GKPS Resort Jambi pada umumnya ditempah dengan baik dan berhasil dalam pelayanan dimanapun ditempatkan. Jadi menjabat sebagai Pendeta GKPS Resort Longkung Raya harus tetap semangat dan selalu militan dan bertambah baik pelayanan,” katanya.

Sementara Perutusan Sinode Bolon GKPS Resort Jambi St Awal JD Damanik MM mengatakan, agar Pdt Jensi Purba STh juga menambah ilmu diluar Theologia. Misalnya soal bidang pertanian. Hal itu penting agar warga jemaat di daerah pertanian bisa mendapat contoh dalam pertanian yang disentuh dari Theologia.

“Pendeta ditempatkan di pedesaan, jangan berkecil hati. Karena saat ini GKPS membutuhkan Pendeta yang militan dan loyal dalam pelayanan, khususnya di pelosok di Kabupaten Simalungun. Saya berharap Pdt Jensi Purba STh menjadi Pendeta GKPS yang militan dimanapun ditempatkan,” ujarnya.

Sedangkan Pendeta GKPS Resort Jambi Pdt Riando Tondang STh hanya mengingatkan Pdt Jensi Purba STh agar menghargai tentang disiplin. 

“Disiplin waktu adalah penting dalam pelayanan. Kalau soal pelayanan dan kerjasama selama di GKPS Resort Jambi, pelayanan Pdt Jensi Purba baik. Semoga di tempat yang baru tetap menjadi baik dan berkembang untuk kemajuan Jemaat GKPS Se Resort Longkung Raya,” katanya.

Pdt Riando Tondang STh juga mengingatkan agar Pendeta GKPS tidak mudah untuk meminta-minta penempatan. Karena meminta-minta penempatan pelayanan menjadi satu batu sandungan di Lembaga GKPS. Hal ini kerap mengakibatkan Fulltimernya tak militan dalam melayanai. Dia juga meminta Fultimer GKPS agar tetap pada militansi pelayanan.

Sementara Pengantar Jemaat GKPS Jambi St Radesman Saragih S Sos mengatakan, Fulltimer GKPS sepatutnya menjadi magnet bagi jemaat dalam pelayanan. Dia juga berharap Pdt Jensi Purba STh mampu melakukan gebrakan dalam pelayanan di GKPS Longkung Raya. 

Kesederhanaan Pdt Jensi Purba STh diharapkan mampu menjadi strategi dalam merangkul jemaat di GKPS Longkung Raya.  "Datang Tampak Muka, Pulang Tampak Punggung. Selamat jalan Pdt Jensi Purba STh ke Tempat Pelayanan Baru," ujar St R Saragih. (Asenk Lee Saragih)  
Vik Pdt Jensi Purba tiba di Jambi 3 Februari 2016 bertolak dari GKPS Tarutung.
Motor Tunggangan Pdt Jensi Purba STh BK 2830 TAW

Vik Pdt Jensi Purba Pakpak STh (Tengah) Berangkat naik Bus ALS dari Tarutung Menuju Kota Jambi Awal Februari 2016. Ist


Share this article :

Posting Komentar