Renungan Jumat Agung Dari GKPS Jambi, Hiduplah Dalam Tabiat Ilahi

Jambi-Kehidupan manusia saat ini terdiri dari dua Tabiat, yakni Tabiat Ilahi dari Allah dan Tabiat Iblis. Kedua tabiat itu kerap kali menghampiri jiwa-jiwa manusia dalam kehidupannya. Melalui peringatan Wafatnya Yesus Kristus (Passion) atau Jumat Agung, Tabiat Ilahi kiranya selalu bernaung dalam sanubari manusia menjalani kehidupannya.


Menumbuhkan sifat Ilahi (sifat Allah) dalam jiwa manusia sangat sulit jika tidak dilandasi oleh kasis yang mau berkorban. Sifat-sifat Ilahi itu senantiasa ada dalam diri manusia sehingga terhindar dari perbuatan tercela dan dosa. Melalui kematian Yesus Kristus di kayu salib, kiranya manusia dapat untuk berbagi serta berkorban untuk sesama.


(Teks Foto : Ephorus GKPS Pdt Belman Purba Dasuha STh (paling kanan), Walikota Siantar RE Siahaan, Sekjen GKPS Pdt Rumanja Purba MSi saat Pesparawi Bapa Sa-GKPS di Balai Bolon GKPS P Saintar 21 Oktober 2007 lalu). Foto Asenk Lee Saragih

Demikian dikatakan Ephorus Gereja Kristen Protestran Simalungun (GKPS) Pdt Belman Purba Dasuha STh dalam kotbah minggu Passion (Jumat Agung) di GKPS Jambi Jl Kapten Sujono No 12 Komplek Gereja Kotabaru-Jambi, Jumat (21/3/2008).

Ephorus GKPS bersama istri ke Jambi dalam rangka kunjungan kerja, Sidang Resort GKPS Jambi, Sabtu (22/3/2008) dan Pesta Perak 25 Tahun GKPS Jambi (18 Maret 1983-18 Maret 2008) yang dilaksanakan Minggu (23/3/2008) di GKPS Jambi.

Menurut Pdt Belman Purba, dalam kehidupan orang Kristen, salib harus melekat dalam tubuh manusia. Sehingga orang Kristen mau berkorban untuk gereja, keluarga, masyarakat, negara, bangsa bahkan dunia. Dengan memikul salib, kebahagiaan orang kristen dengan berbuat baik terhadap sesama terus mengalir.

"Tuhan Yesus rela mati di kayu salib untuk menebus dona manusia. Kehidupan manusia sekarang sudah semakin egois. Tidak mau lagi peduli dengan sesama. Namun melalui peringatan Passion ini, kita anak-anak Tuhan mau berbagi dengan sesama. Pikullah salibmu, ikutlah bersama Yesus,"ujarnya.

Pengamatan Batak Pos, kebaktian Jumat Agung di Kota Jambi berlangsung aman dan tertib. Kebaktian Jumat Agung di gereja-gereja tidak mendapat pengawalan dari pihak kepolisian setempat. Kebaktian Jumat Agung di GKPS Jambi dimulai pukul 13.00 wib hingga pukul 16.15 wib.

Dalam acara kebaktian juga dilaksanakan sakramen perjamuan kudus yang dilayani oleh Pdt Belman Purba Dasuha STh, Pdt John Ricky Raymon Purba STh, Pdt E Sinaga dan Vikar Pdt MT Sinaga SSi. Kebaktian dihadiri sekitar 350 jemaat GKPS Jambi. Asenk Lee Saragih.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama