Polda Jambi Diragukan Kinerjanya Berantas Ilegal Logging di Jambi



Jambi-Jajaran Polda Jambi masih diragukan komitmennya dalam memberantas pembalakan liar (ilegal logging) yang kini masih marak di Provinsi Jambi. Pemberantasan ilegal logging yang gencar dilakukan jajaran Polda Jambi dua bulan terakhir belum mempu menciduk para cukong kayu. Polisi masih sebatas menangkap para pelaku pembalak liar yang notabene adalah masyarakat petani.


(Teks Foto : Salah Satu Sawmil Liar Milik Cukong Kayu di Bungo yang digerebek Polda Jambi baru-baru ini.)
Demikian dikemukakan Ketua Presedium Gerakan Anti Korupsi (Garansi) Jambi, Ir Nasrul Yasir di gedung DPRD Provinsi Jambi, Selasa (11/3/2008). Menurutnya, pembokaran kasus ilegal logging dalam dua bulan terakhir yang gencar dilakukan Jajaran Polda Jambi, belum mampu memutus mata rantai jaringan sindikat pembalakan liar yang ada di Provinsi Jambi.


Menurutnya, pasca pergantian kapolda, selalu muncul pengungkapan kasus ilegal logging secara besar-besaran. Kemudian tindak lanjut kasus ilegal logging tersebut terabaikan dan tidak mampu menangkap para cukong kayunya.


Sementara itu Kapolda Jambi Brigjen Pol Budi Gunawan disela-sela kunjungan silaturahmi jajaran Polda Jambi ke DPRD Provinsi Jambi, Selasa (11/3) mengatakan, pihaknya serius dan akan memberantas pelaku ilegal logging di Provinsi Jambi.


“Target pertama kita saat menjabat Kapolda Jambi dua bulan lalu adalah memberantas pelaku ilegal logging. Memang kita akui kalau pembalakan liar masih marak di Jambi. Kita terus memburu para cukong kayu di Jambi. Kita optimis dan serius memberantas ilegal logging,”katanya.


Menurutnya, kurun waktu tiga bulan belakangan, pihaknya telah menangani 7 kasus pembalakan liar dan mengamankan barang bukti kurang lebih 3000 kubik kayu. Pengungkapan ilegal logging itu terdapat di Kabupaten Tebo, Sarolangun dan Muarojambi.


Disebutkan, jajaran Polda Jambi sudah mengamankan 21 pelaku ilegal logging dalam kasus yang berbeda. Kini para tersangka diperiksa intensif dimasing-masing polres. Sementara sebagian lagi diperiksa di Mapolda Jambi.


Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, H Soewarno Soerinta mengatakan, pihaknya optimis akan pemberantasan pelaku ilegal logging di Provinsi Jambi.
“Kita optimis jajaran Polda Jambi dibawah kepemimpinan Budi Gunawan, mampu memberantas ilegal logging di Provinsi Jambi. Kita mendukung penuh kinerja Kapolda Jambi yang baru. Dia menyempatkan diri bersilaturahmi dengan DPRD. Sementara mantan kapolda sebelumnya tidak pernah,”katanya.


Pihaknya juga berharap agar Kapolda Jambi mampu menangkap cukong kayu yang ada di Jambi. Pihaknya juga berharap agar Polda Jambi tetap memburu cukong kayu Akiong yang kini masih DPO. Lee

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama