Fotoklip Pelantikan Ephorus dan Sekjen GKPS Periode 2020-2025


Pematangsiantar
-Pelantikan Pdt Dr Deddy Fajar Purba Sebagai Ephorus GKPS dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe sebagai Sekjen GKPS Periode 2020-2025 dilakukan pada kebaktian minggu oleh Pdt Sudi Arlensius Purba di GKPS Jalan Sudirman Pematangsiantar, Minggu (22/11/2020). Pimpinan Sinode dan Majelis Sinode GKPS 2020-2025 yang terpilih pada Sinode Bolon ke 44 18-22 November 2020.

Acara pelantikan disiarkan secara live streaming GKPS Cahnnel YouTube dan dihadiri oleh Perwakilan Jemat GKPS Sudirman, Panitia, Mantan Ephorus dan Sekjen periode 1995-2000, Bupati Simalungun JR Saragih, Kapolres Pematangsiantar AKBP Boy Siregar, Danrindam I/BB Kol (Inf) Waston Purba SIP, Sekjen GKPI Pdt Rosininta Huta Barat, Ephorus GKPS Periode 2015-2020 Pdt Martin Rumanja Purba MSi.

Kebaktian Minggu dan juga sebagai Kabaktian Penutup Sinode Bolon ke 44 yang berlangsung mulai Rabu 18 Nopember hingga 22 November 2020 diawali dengan Prosesi dengan titik berangkat dari rumah keluarga  Kamen Purba berjalan menuju GKPS Sudirman.

Diiringi musik esamble PPLMG yang berjalan didepan lalu Pdt Sudiarlensius Purba sebagai Pendeta tertua yang akan melantik, petugas ibadah, Para Pendeta, Anggota Majelis Sinode yang akan dilantik berjalan menuju GKPS Sudirman.

Diteras gereja, Jemaat GKPS Sudirman menyambut prosesi dan Ketua Majelis Jemaat St Dharma  Serfin Purba  dan Ibu mengalungkan bunga kepada Pdt Dr Deddy Fajar Purba dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe. Prosisi memasuki gereja dan jemaat dalam keadaan berdiri.

Diacara kebaktian Pdt Sudi Arlensius Purba melantik Pdt Dr Deddy Fajar Purba Sebagai Ephorus GKPS dan Pdt Paul Ulrich Munthe sebagai Sekjen GKPS periode 2020-2025.

Sebelum dilantik, Majelis Ketua Darwis Sipayung membacakan Ketetapan Sinode Bolon hal Penetapan Ephorus dan Sekjen.

Pdt Sudiarlensius Purba sebelum melantik membacakan Firman Tuhan terlebih dahulu, dan bertanya apakah akan bersedia menjalankan tugas dalam tiga pertanyaan.  “Ham Pdt Dr Deddy Fajar Purba ra do Ham manjalo Horja ha Ephoruson i GKPS ?,  pakon Ham Pdt Dr Paul Ulrich Munthe ra do Ham majalo tugas ha Sekretaris Jenderal on i GKPS, Ra do Nasiam mangkorjahon jabatan in i bahas bujur ni Uhur maronjolan hu Bani Hata ni  Naibata ? Janah mangihutkon tata Gereja pakon peraturan i GKPS ibagas panogunoguan ni Tonduy Napassing ?, Ra do Nasiam….mangambilankon ambilan na Madear in- marmahani janah mambobahon Kuria ni Tuhan in mardalam i bagas hasintongan ?”
 

Setelah dijawab bersedia maka Pdt Sudiarlensius Purba  menjabat tangan Pdt Dedy Fajar Purba dan mengatakan “Sai i hasomani, i paruhuri janah i pargogohi Tuhan Naibata Ma Ham, Pakon Tuhan Yesus Kristus ampa Tonduy Napassing ma Ham mandalanhon Horja ha ephoruson on na i ondoshon hu Bamu sadari on Bahen hasangapon ni Naibata Amen.”

Juga tangan Pdt Paul Ulrich Munthe di Pegang erat oleh Pdt Sudiarlensius Purba dan mendoakan Sai i hasomani, i paruhuri janah i pargogohi Tuhan Naibata Ma Ham, Pakon Tuhan Yesus Kristus ampa Tonduy Napassing ma Ham mandalanhon Horja ha Kesekretariatan Jenderalon na i ondoshon hu Bamu sadari on Bahen hasangapon ni Naibata Amen.

Setelah berdoa dan bernyanyi Ephorus Pdt Dr Deddy Fajar Purba  dan Sekjen Pdt Dr Paul Ulrich Munthe yang baru melantik anggota Majelis  Sinode yang sudah terpilih dan yang tidak bisa hadir supaya ikut berdiri di tempat masing masing karena pelantikan di siarkan langsung lewat live streaming. Ada 36 orang yang dilantik dan yang hadir langsung ada 11 orang.

Kemudian Kotbah disampaikan Ephorus Pdt Dr Deddy Fajar Purba yang mengambil Nats dari Matius 25 Ayat 31-46. Gereja adalah orangnya karena itu kita harus memberi makan yang lapar, memberi minum yang haus, memberi tumpangan, memberi pakaian bagi orang yang telanjang, melawat orang sakit dan mengunjungi yang dipenjara. Ini akan bisa kita lakukan kalau kita benar, kalau kita didalam Yesus, Percaya kepada Yesus. Sebab Yesuslah Kebenaran kata Pdt Dr Deddy Fajar Purba yang mengutip Yoh 14:6 Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Selesai  kebaktian adalah  Penutupan  Synode Bolon GKPS ke 44 ditandai dengan pemukulan Ogung Simalungun oleh Ephorus Pdt Dr Deddy Fajar Purba, kemudian acara photo bersama dokumentasi. Acara Penyematan Hiou Simalungun kepada Pdt Dr Deddy Fajar Purba Sebagai Ephorus GKPS dan Pdt Dr Paul Ulrich Munthe sebagai Sekjen GKPS Periode 2020-2025. Acara Pemberian Hio Pamotting Oleh Pdt Rumanja Purba, acara Laporan Panitia dan kata-kata sambutan dan makan bersama.

Pelaksanaan Sinode Bolon GKPS Ke 44 berlangsung sejak Rabu 18 November 2020 hingga penutupan Minggu 22 November 2020. SB Ke 44 ini diikuti sebanyak 453 orang Sinodestan yang terdiri dari utusan-utusan yang mewakili resort dan kategorial dan pendeta. SB Ke 44 dipusatkan di Balai Bolon Pematangsiantar plus virtual zoom dari distrik II hingga XI GKPS Se Indonesia.(Berbagaisumber/Asenk Lee Saragih)


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama