Pimpinan Majelis GKPS Persiapan Tanah Kanaan Jambi Dilantik

Pelantikan Pimpinan Majelis GKPS Persiapan Lingkar Barat Kota Jambi, Minggu 23 Oktober 2011. Foto-foto Asenk Lee Saragih.
Pelantikan Pimpinan Majelis GKPS Persiapan Lingkar Barat Kota Jambi, Minggu 23 Oktober 2011. Foto-foto Asenk Lee Saragih.



Jambi,BLOGNEWS

Pimpinan Majelis GKPS Persiapan Lingkar Barat Kota Jambi dilantik oleh Ketua Pengurus GKPS Resort Jambi, Pdt Jhon Ricky R Purba STh pada Minggu 18 Dob Trinitatis (Topik Menjadi Kaya Dalam Iman) Minggu, 23 Oktober 2011 di GKPS Kotabaru Jambi. Mereka yang dilantik yakni Ketua Majelis (Porhanger) St Johnniez Pane Saragih Sidauruk, Wakil Ketua Majelis (Wakil Porhanger) St Merentauli br Silalahi SPd, Sekretaris Jemaat Sy Ir Joel Tumanggor dan Bendahara Sy Budinson Purba SP.

Ke-empat Pimpinan Mejelis GKPS Persiapan Lingkar Barat Kota Jambi telah dipilih Minggu 16 Oktober 2011 di Pos PI Aurduri yang merupakan cikal bakal GKPS Persiapan Lingkar Barat Kota Jambi.

Sebelum pelantikan dilakukan oleh Pengurus GKPS Resort Jambi, Sy Johnniez Pane Saragih Sidauruk diangkat sebagai Sintua sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan GKPS Persiapan. Surat Keputusan (SK) pelantikan dibacakan Sekretaris Pengurus GKPS Resort Jambi, St Meslan Saragih SH.

Kemudian dilanjutkan dengan Penobatan Pelantikan oleh Pendeta GKPS Resort Jambi, Pdt Jhon Ricky R Purba STh. Usai ibadah, kegiatan dilanjutkan dengan lelang yang dibawakan Porhanger GKPS Kotabaru Jambi, St Drs GM Saragih MSi, St Meslan Saragih SH dan Pdt Jhon Ricky R Purba STh.

Bahan lelang yang terdiri dari 21 Panggang Dayok Binatur, 4 parcel buah dan bahan lelang lainnya merupakan siluah Warga Jemaat GKPS Persiapan Lingkar Barat Kota Jambi. Hasil lelang tersebut bisa terkumpul dana sekitar Rp 20.040.000.

Usai lelang dilanjutkan dengan tarian Simalungun (Sitalasari) dari Wanita GKPS Persiapan Lingkar Barat Kota Jambi. Tarian tersebut juga mampu menggalang dana dari jemaat sekitar Rp 3 juta lebih. Usai acara dilanjutkan dengan makan bersama alakadarnya (nasi bungkus) yang disiapkan Pimpinan Majelis GKPS Kotabaru Jambi.

Perkembangan Jemaat

Sementara itu St Drs GM Saragih MSi, mengatakan, cikal bakal GKPS Persiapan Lingkar Barat Kota Jambi, dimulai dari dibentuknya Pos Pelayanan Iman (PI) Aur Duri II, Mendalo Darat, Muarojambi, Minggu 8 Juni 2008 lalu.

Kegiatan minggu Pos PI Aurduri dilaksanakan di Rumah Keluarga Sy Drs Midian Purba hingga Agustus 2011. Warga GKPS Kotabaru Jambi juga telah memiliki lahan gereja di Lorong Bayumas, Mendalo Darat, Muarojambi dengan harga saat itu Rp 5 juta per tumbuk (10 Meter X 10 Meter= 1 tumbuk).

Kini jemaat GKPS Persiapan Lingkar Barat Kota Jambi mencapai 30 KK yang meliputi daerah, Mendalo, Muarojambi, Aur Duri I dan II, Simpang Rimbo Jambi, Lingkar Barat Kota Jambi. Sementara Majelis 12 orang.


Menurut St GM Saragih, sejalan dengan perkembangan jemaat di Pos Pi Aurduri, berkeinginan untuk membentuk GKPS Persiapan. Namun karena terbentur dalam perijinan beribadah dan membangun gereja, lahan di Lorong Bayumas tidak dapat dibangun gereja.

“Sesuai dengan kesepakatan, lahan seluas 24 Tumbuk tersebut berencana dijual dengan harga Rp 7 juta per tumbuk. Kemudian panitia pembangunan Pos PI Aurduri membeli lahan di Lorong Penerangan Lingkar Barat Kota Jambi seluas sekitar 27 tumbuk dengan harga Rp 12 juta per tumbuk,”katanya.

Pembelian lahan itu telah dijadikan dengan membayar uang muka Rp 30 juta kepada sipemilik lahan. Batas pelunasan lahan tersebut 15 Desember 2011. Pemekaran GKPS Kotabaru Jambi menjadi dua jemaat, juga seiring dengan akan dimekarkannya GKPS Resort Jambi Rayon II menjadi GKPS Resort Muarobungo.

Rencana pemekaran tersebut akan dilaksanakan Minggu 20 November 2011 yang akan dihadiri langsung oleh Ephorus GKPS Pdt Jaharianson Saragih MTh, PHd.

Terharu

Porhanger GKPS Persiapan Lingkar Barat Kota Jambi, St Johnniez Pane Saragih Sidauruk sempat meneteskan air mata saat diangkat jadi Sintua dan dilantik jadi Porhanger. Dirinya mengaku bagaikan bermimpi dengan terpilihnya jadi Porhanger.
St Johnniez Pane Saragih Sidauruk


Awalnya dia hanya bagian dari panitia pembangunan Pos PI Aurduri dengan jabatan wakil ketua. Namun saat pemilihan, dirinya dipercayakan oleh Tuhan melalui Majelis di GKPS Persiapan Lingkar Barat Kota Jambi.

“Ahu songon namarnipi do manjalo tohonan Porhanger on. Hunbani awal jong-jong pos PI Aurduri, lang tarbayang boi tarpilih alani adong ope Sintua Nadob tarpasu-pasu. Tapi onma dalanni Tuhan ase marsada kuria in laho pararatkon harajaon Ni I Jambi on. Mangidah kondisi ni keluarga, lang porsaya diri boi jadi menanggung boban naborat on. Tapi pos uhur, dear do dobni ai anggo marondos bani Tuhan in,”ujar St Johnniez Pane Saragih Sidauruk dengan tetesan haru air mata.

Sosok St Johnniez Pane Saragih dikenal sebagai seorang Bapak yang sederhana tapi kritis dalam kebijakan pelayanan di Majelis. Suami dari St S br Damanik asal Urung Panei, Tigarunggu, Simalungun ini juga merupakan tokoh Adat Simalungun di Jambi.

Pria berkumis ini berprofesi sebagai usaha bengkel las mobil yang tinggal di wilayah Rumah Sakit Jiwa Jambi. Ayah dari tiga orang anak ini, (Cici br saragih Sidauruk-Sarjana Sastra Jepang, Medi Saragih Sidauruk (Mahasiswa UNJA) dan Raja saragih Sidauruk) ini juga dikenal sebagai Majelis yang loyal terhadap pelayanan.

Segenap Majelis GKPS Kotabaru Jambi mengucapkan Selamat Melayani kepada Pimpinan Majelis GKPS Persiapan Lingkar Barat Kota Jambi. “Tetap Semangat Dalam Menghadapi Rintangan Pelayanan,”. Semoga. (Asenk Lee Saragih)


Prosesi Pelantikan.


Surduk Dayok Binatur dari Pimpinan Majelis GKPS Kotabaru Jambi kepada Pimpinan Majelis GKPS Persiapan Lingkar Barat Kota Jambi yang baru dilantik, Minggu 23 Oktober 2011.

Keluarga Bp Girsang/ Sy ML br Sidauruk manlelang Lima Panggang Dayok Binatur ( Rp 3 juta) dan disurdukkan kepada Keluarga Empat Pimpinan Majelis GKPS Persiapan LIngkar Barat Kota Jambi dan Satu Dayok Binatur kepada Pimpinan Majelis GKPS Kotabaru Jambi sebagai wujud dukungan kepada Pimpinan Majelis yang baru dilantik dalam pelayanan di GKPS Persiapan tersebut.Foto Asenk Lee Saragih.

Keluarga Bp Girsang/ Sy ML br Sidauruk manlelang Lima Panggang Dayok Binatur ( Rp 3 juta) dan disurdukkan kepada Keluarga Empat Pimpinan Majelis GKPS Persiapan LIngkar Barat Kota Jambi dan Satu Dayok Binatur kepada Pimpinan Majelis GKPS Kotabaru Jambi sebagai wujud dukungan kepada Pimpinan Majelis yang baru dilantik dalam pelayanan di GKPS Persiapan tersebut.Foto Asenk Lee Saragih.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama