Home » » Merangkul Keharmonisan Pemuda di Acara Retreat Pemuda GKPS Jambi

Merangkul Keharmonisan Pemuda di Acara Retreat Pemuda GKPS Jambi

Written By Rosenman Manihuruk (Asenk Lee Saragih) on Senin, 12 September 2011 | 13.10

Teks Foto : Ibadah Refleksi yang dibawakan Pd. JRR. Purba, S.Th selama 45 menit pada Retreat PGKPS Jemaat Jambi, Sabtu (20/8) sebagai renungan setiap P-GKPS Jambi mempunyai komitmennya masing-masing untuk lebih baik ke depannya. Fotofoto Asenk Lee Saragih.

GKPS JAMBI NEWS

Kini kekompakan dan kepedulian pemuda GKPS di Jambi sudah mulai retak. Bahkan keegoisan dan pengelompokan pemuda GKPS lahir di kota dan perantau mulai tampak. Kini semakin berkurangnya kesatuan antar P-GKPS oleh karena keegoisan kelompok yang mendominasi, sehingga membatasi ruang gerak pengurus maupun pemuda/I yang lain untuk saling berbaur ataupun mungkin sebaliknya.

Bersyukur pengurus peka akan hal ini dan beberapa majelis yang mau ambil bagian untuk menjadi katalisator penyelesaian masalah ini dengan memberi diri menjadi pembicara dan pengarah acara ini yaitu, Pendeta GKPS Resort Jambi, Pdt. JRR Purba, STh, Pembimbing PGKPS Resort Jambi, St Meslan Saragih SH, St Jabangun Sitopu, St. Ruslan Purba, Sy Ronsenman Manihuruk (Sekretaris Sei Bapa GKPS Jemaat Jambi), Vik Pdt. Mely Purba, STh dan Bapak Pembimbing Pemuda GKPS Jemaat Jambi Sy. Thomas Iwan Dabukke, SE.


Pelaksanaa Retreat P-GKPS Jambi yang diadakan Sabtu-Minggu tanggal 20 s.d 21 Agustus 2011 di Taman Angsana Pematang Gajah, Mendalo Darat, Kabupaten Muarojambi salah satu cara untuk kembali mencairkan perbedaan diantara Pemuda GKPS Jambi.

Retreat ini dilaksanakan dengan tujuan agar P-GKPS Jambi menyadari akan arti pentingnya saling mengasihi dan memiliki di dalam satu organisasi sehingga tumbuh kesatuan di dalamnya.

Hari pertama acara Retreat yang diikuti oleh 47 orang ini dimulai pukul 15.30 WIB diawali dengan ibadah pembuka, dimana melalui ibadah ini P-GKPS diajak untuk mengetahui tujuan acara dan berdoa bersama agar acara Retreat dapat dinikmati oleh P-GKPS dan diberkati dari awal hingga acara tersebut selesai.

Kemudian disusul dengan acara sharing antar pemuda, dimana sharing ini diarahkan St Meslan Saragih selaku moderator, Pdt JRR. Purba dan Vik Pdt. Mely Purba, St Meslan Saragih SH, St Jabangun Sitopu, St Ruslan Purba, Sy Ronsenman Manihuruk dan Sy Thomas Iwan Dabukke selaku Pembicara.

Sharing ini menjadi menarik karena materi yang dibahas adalah bebas, baik itu seputar masalah pelayanan, pengembangan diri, pergaulan, maupun membahas PH (pasangan hidup). Dan sharing ini menghabiskan waktu selama 3 jam….hmmm…luar biasa bukan?

Menariknya lagi, di ruang sharing ini ada juga sesama pengurus saling menyampaikan masalah pribadi, dimana masalah tersebut membuat kepengurusan tidak dapat berjalan dengan baik…dan pada akhirnya ditemui jawabannya dan saling terbuka sehingga ke depannya kepengurusan dapat dikerjakan bersama dengan lebih baik lagi. Keterbukaan antar pengurus memang sangat dibutuhkan, sehingga tidak ada perselisihan di dalam nya.

Setelah acara dinner time, P-GKPS Jambi kembali diajak untuk merenung flashback ke belakang apa yang telah dilakukan baik sebagai anak di tengah-tengah keluarga, maupun peranan apa yang sudah dan akan diambil sebagai pemuda/I di tengah-tengah gereja.

Melalui alunan music yang menyentuh membuat P-GKPS kembali mengingat setiap kesalahan dan mengakuinya di hadapan Tuhan serta dituntut untuk mengambil komitmen menjadi lebih baik ke depannya. Ibadah Refleksi yang dibawakan oleh Pdt. JRR. Purba, S.Th ini berjalan selama 45 menit dan yang pastinya setiap P-GKPS mempunyai komitmennya masing-masing untuk lebih baik ke depannya.

Setelah banyak diisi oleh Firman Tuhan, P-GKPS kembali disegarkan dengan fellowship bersama dengan mengelilingi api unggun. Saling berkerja sama dalam membuat yel-yel dan bersukacita di dalam pujian dan permainan yang harapannya semakin memperkuat kebersamaan antar P-GKPS yang kemudian diakhiri dengan membakar jagung bersama, dimana acara ini berakhir pukul 23.30 WIB dan kemudian setiap P-GKPS istirahat malam alias modom (sleeping).

Hari kedua Minggu (21/8) acara Retreat P-GKPS diawali dengan Saat Teduh bersama pada pukul 06.00 WIB (he..he..walaupun agak susah bangun dan pada belum cuci muka tuh…). Setelah SaTe (saat teduh) selesai pukul 07.00 WIB, P-GKPS beres-beres pribadi (mandi de el el..) dan kemudian sarapan pagi bersama.

Pukul 09.00 WIB P-GKPS beribadah minggu bersama. Panitia sangat berterima kasih kepada Bapak Pdt. JRR. Purba, S.Th dan kak Vik. Pdt. Mely Purba, S. Th serta orang tua kami, karena telah memberikan perhatian dan waktunya untuk mengikuti acara ini selama 2 hari, sebagai tanda terima kasih panitia hanya dapat memberikan kenang-kenangan kasih, semoga pelayanannya selalu diberkati Tuhan.

Acara selanjutnya adalah acara permainan dan out bond, setelah ibadah minggu selesai, P-GKPS kembali masuk ke dalam kelompok nya masing-masing untuk mengikuti acara Out bond. Dimana acara out bond ini terdiri dari 5 pos, dimana setiap pos memiliki bentuk permainan dan makna yang berbeda-beda.

Di dalam out bond ini, setiap kelompok harus melewati pos 1 untuk dapat sampai ke pos berikutnya, apabila gagal maka akan diulang lagi. Dan setiap pos membutuhkan kerja sama setiap anggota dalam kelompok.

Melalui acara ini, terlihat pribadi yang unik dan beragam dari setiap pemuda yang lucu, gokil, tidak malu-malu, dan menunjukkan kemampuannya masing-masing. Jadi acara yang menghabiskan waktu selama 4 jam ini dapat membangun kebersamaan antar P-GKPS Jambi. Acara ini selesai pada pukul 15.00 WIB (karena pada kelelahan maka diadakan break selama 10 menit).
Acara retreat ini pun berakhir di dalam ibadah penutup, dimana di dalam ibadah penutup ini beberapa P-GKPS menyampaikan kesan dan pesan, puji Tuhan pemuda/I tersebut menikmati acara retreat ini walaupun mereka terhitung pemuda/i yang baru bergabung di P-GKPS Jambi, demikian juga dengan pemuda/I yang lain merasakan hal yang sama.

Sehingga dengan harapan tujuan retreat ini dapat tercapai yaitu terjalinnya kebersamaan dan persaudaraan antar P-GKPS sehingga apa yang menjadi program P-GKPS yang dikerjakan melalui pengurus dapat berjalan dengan lebih baik untuk kemajuan bersama baik untuk pemuda maupun untuk gereja.

Setelah Bapak Pembimbing menyampaikan pengarahan, ibadah dan acara ini ditutup doa oleh kak Vik. Pdt. Mely Purba. And finally,,,,,back home dengan penuh suka cita deh…… ( Created by: Verawati br Damanik-Sie. Acara Retreat P-GKPS Jemaat Jambi 2011












Foto2 : Asenk Lee Saragih-0812 7477587
Share this article :

Posting Komentar